religious-woman-praying-with-rosary-beads-home.jpg

DOA UNTUK PASIEN SEBELUM OPERASI

TANDA SALIB

P        Dalam nama Bapa,

dan Putera dan Roh Kudus

U        Amin

PENGANTAR DAN AJAKAN

P        Saudara-saudari,

marilah kita bersatu hati untuk mendoakan saudara kita [….] yang sebentar lagi akan menjalani operasi. Kita mohon berkat Tuhan, agar proses operasi dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga Saudara kita ini dapat segera sembuh dari sakitnya.

P         Marilah berdoa.

Allah yang Maha pengasih, Engkau membuka tangan, menuangkan berkat dan memberi Rahmat yang berlimpah-limpah kepada setiap umat yang berseru kepada-Mu. Demi Kristus Putra-Mu dan demi sengasara-Nya di salib, kami mohon tolonglah saudara kami [ ….] supaya ia dapat siap dan tenang dalam menjalani operasi.

U        Kami mohon kekuatan,

ketabahan hati, kebesaran jiwa serta kepasrahan diri bagi saudara kami ini agar ia percaya sepenuhnya, bahwa operasi yang dilaksanakan ini adalah tindakan penyembuhan yang merupakan sarana optimal untuk mengatasi sakit yang diderita.

P        Dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

yang pernah menderita, kami mohon dengan rendah hati berilah saudara kami ini kepercayaan akan Dikau dalam menghadapi operasi, sehingga tidak cemas, tidak takut dan tidak ragu-ragu.

U       Bapa yang baik,

jagalah saudara kami ini selama proses operasi berlangsung, juga bila sementara ia tertidur dalam ketidak-sadaran. Semoga seluruh perasaan, hati dan pikirannya hanya berpaut padaMu. Kuatkan dan ringankanlah deritanya pada saat kesakitan dan nyeri yang sedang dirasakannya.

P        Yesus yang baik,

yakinkanlah saudara kami ini, bahwa Engkau sendirilah yang berkerja melalui para dokter dan perawat, melalui obat dan sarana dalam operasi, sehingga proses operasi dapat berjalan dengan lancar, dan berhasil dengan baik.

U       Bapa yang baik,

kami serahkan saudara kami ini dalam naugan-Mu. Kami percaya bahwa Engkau Allah pelindung kami, benteng pertahanan kami yang kokoh, tempat keselamatan, kepada-Mu kami percaya. Sudilah Engkau tinggal dalam hati saudara kami ini untuk menjadi daya hidup dan penyembuh sejati.

P        Bunda Maria,

kami mohon doa restu dan penyertaanmu.

U       Salam Maria (3 x kali)

P        Seluruh doa dan harapan kita,

kita satukan dengan doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus

U        Bapa kami